45 Siswa MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu Ikuti ANBK, Alhamdulillah Lancar

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 alhamdulillah sukses digelar di MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu mulai hari Rabu hingga Kamis (6 s.d. 7 Oktober 2021). Sebanyak 45 peserta didik kelas 8 MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu telah mengikuti kegiatan tersebut di ruang meeting pondok PIA Tengaran 7 (PIAT 7) Kota Batu.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 sesi:

  • Sesi 1: 07.30 s.d. 09.40 WIB
  • Sesi 2: 10.40 s.d. 12.50 WIB
  • Sesi 3: 14.20 s.d. 16.30 WIB

Jenis asesmen yang diujikan adalah berupa latihan (10 menit) sebelum memulai mengerjakan ujian utama, Literasi Membaca (90 menit) dan Survei Karakter (30 menit) pada hari pertama, dan di hari kedua dilanjutkan berupa Numerasi (90 menit) dan Survei Lingkungan Belajar (30 menit).

Adapun pengawas ANBK yang ditugaskan terdiri dari 3 orang guru dari luar MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu yaitu sebagai berikut:

  1. Bapak Abdul Muiz, S.Si., M.Pd. (MTs Negeri Batu)
  2. Bapak Mokhamad Rubai, S.Pd., M.M. (SMP Islam 1 Batu)
  3. Bapak Zaeni Rokhman, S.Pt. (SMP Negeri 03 Batu)

Selain siswa/santri, kegiatan Asesmen Nasional (AN) ini juga diikuti oleh para guru dan Kepala Madrasah. Para guru dan Kepala Madrasah ini mengerjakan AN untuk survei lingkungan belajar. Perbedaannya, siswa harus mengerjakan AN untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Sementara itu, guru serta Kepala Madrasah tidak perlu untuk mengerjakan AKM dan Survei Karakter.

“Semoga dengan adanya ANBK ini bisa melihat tingkat dari kemampuan siswa atau santri kami di bidang literasi dan numerasi dan semoga ini bisa menjadi tolak ukur bagi peningkatan mutu dari pendidikan kami terutama untuk dua hal tersebut dan juga lainnya,” ungkap Kepala MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu, ustadz Arief Rachman, S.Pd. M.Si. (.tha)

 

Komentar via Facebook
BERITA ACAK:  Visitasi Gugus Tugas COVID-19 Kota Batu
Tulisan Sebelumnya »
Tulisan Selanjutnya »