Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu Tahun Pelajaran 2021/2022

Sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik (santri), ekstrakurikuler dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.

Salah satu ekstrakurikuler wajib yang dilaksanakan di MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu adalah kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar sekolah yang dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Kegiatan Pramuka di MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu ini wajib diikuti bagi seluruh kelas 7 setiap sepekan sekali yaitu pada hari Sabtu sore bertempat di Lapangan Sepak Bola (di samping masjid Al-Irsyad). Adapun sebagai Kakak Pembina Pramuka adalah Kak Ngadiono, S.Pd. dan Kak Asrofi, S.Pd.

Pada kesempatan perdana ini, Pembina Pramuka mengajarkan bagaimana tentang kerapian berseragam Pramuka dan juga tentang gerakan baris-berbaris (PBB). Hal ini dilakukan sebagai perwujudan dari latihan fisik yang mana di masa pandemi seperti saat ini sangatlah bermanfaat, inSyaa Allah, serta juga berguna untuk menanamkan rasa kedisiplinan, kebersamaan, meningkatkan daya konsentrasi, melatih solidaritas, patriotisme, dan rasa tanggung jawab. (.tha)

Komentar via Facebook
BERITA ACAK:  Ujian Seleksi Masuk Pesantren Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu Gelombang 1
Tulisan Sebelumnya »
Tulisan Selanjutnya »