Simulasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) untuk santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu

Sebanyak 45 santri kelas 8 MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada hari Selasa tanggal 2 September 2021 yang dibagi dalam 3 sesi gelombang (1 sesi sebanyak 15 santri) yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. ANBK ini diproyeksikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek) sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Alhamdulillah proses pelaksanaan simulasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Antusias para santri pun dalam menjalani simulasi ini sangatlah tinggi. Sepuluh menit sebelum ujian berlangsung, para santri telah siap dan berbaris rapi menunggu di luar ruang untuk diijinkan masuk. Lalu mereka masuk dengan tenang dan tertib, duduk di kursi masing-masing, selanjutnya login menggunakan username & password dari Kartu Ujian yang diberikan proktor (pengawas/pengontrol), dan kemudian mengerjakan soal-soal yang tampil di layar monitor dengan seksama.

Semoga dengan adanya simulasi ini dapat membantu para santri dalam menjalani ANBK nanti, sehingga santri tidak canggung lagi ketika dihadapkan dengan sistem ini, inSyaa Allah. Dan semoga simulasi ANBK ini menjadi langkah penting dalam pelaksanaan ANBK berikutnya, yaitu Gladi Bersih ANBK dan ANBK Utama. (.tha)

Komentar via Facebook
BERITA ACAK:  Proses Pembangunan Asrama Santri Sudah Hampir Selesai
Tulisan Sebelumnya »
Tulisan Selanjutnya »