Kegiatan Panahan Santri PIAT 7 Batu

Panahan PIAT7

Berdasarkan Wikipedia, Panahan adalah salah satu olahraga yang dilakukan dengan cara menembakkan anak panah dengan bantuan busur untuk mencapai target atau sasaran tembak pada jarak yang sudah ditentukan. Berdasarkan pembinaan kondisi fisik, ada komponen-komponen fisik yang lebih spesifik untuk panahan, yaitu daya tahan (endurance), kekuatan (strength), kelenturan (flexibilitas), dan structure/accuracy.

Dikutip dari sebuah artikel “sehataqua” manfaat olahraga panahan ini dalam dunia kesehatan memanah bisa menjadi salah satu alternatif jika Anda menginginkan jenis olahraga yang bukan cuma sekadar untuk menyehatkan tubuh, tetapi sekaligus menyenangkan dan memberikan banyak manfaat. Dalam rangka kegiatan pekanan dan olahraga untuk melatih fisik santri, Pesantren Al Irsyad Tengaran 7 Batu membuat sebuah program ekstrakurikuler untuk santri yang bersedia yang dilaksanakan pada setiap hari Jum’at dimulai jam 06.00 sampai 10.30 di lingkungan pesantren tepatnya asrama santri.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ﻛُﻞُّ ﺷَﺊْ ٍﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴْﻪِ ﺫِﻛْﺮُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓَﻬُﻮَ ﻟَﻬْﻮٌ ﻭَﻟَﻌِﺐٌ ﺇِﻻَّ ﺃَﺭْﺑَﻊٌ ﻣُﻼَﻋَﺒَﺔُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗَﻪُ ﻭَﺗَﺄْﺩِﻳْﺐُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻓَﺮَﺳَﻪُ ﻭَﻣَﺸْﻴُﻪُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﻐَﺮْﺿَﻴْﻦِ ﻭَﺗَﻌْﻠِﻴْﻢُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺍﻟﺴِّﺒَﺎﺣَﺔَ

“Segala sesuatu yang tidak mengandung dzikirullah padanya maka itu adalah kesia-siaan dan main-main kecuali empat perkara: yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.”
Sumber: https://muslim.or.id/34690-hukum-olahraga-memanah-dan-berkuda-bagi-wanita.html

Dan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

المؤ من الوى خير وأحب الى الله من المؤ من الضعيف

“Seorang Mukmin yang kuat lebih dicintai oleh Allah baik daripada seorang Mukmin yang lemah” [HR Muslim]
Referensi : https://almanhaj.or.id/75-tujuan-yang-diharapkan-dari-olah-raga.html

Dengan kegiatan panahan ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan tubuh, kekuatan, mental dan fisik tubuh bagi santri, menambah semangat untuk menuntut ilmu. Selain hal itu dapat melatih kedisiplinan, fokus, kesabaran, menjaga keseimbangan dan meningkatkan kepercayaan diri santri. Semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita kesehatan dan perlindungan dari segala penyakit.

Komentar via Facebook
BERITA ACAK:  Vaksinasi Kedua Covid-19 di Lingkungan Kemenag Kota Batu
Tulisan Sebelumnya »
Tulisan Selanjutnya »