Puskesmas Junrejo Fasilitasi Keberlanjutan Vaksinasi Dosis Pertama bagi Santri PIAT 7 Kota Batu

Alhamdulillah Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 7 (PIAT 7) Kota Batu kembali menerima kesempatan vaksinasi bagi para santri yang kali ini difasilitasi oleh UPTD Puskesmas Junrejo Kota Batu. Dengan didampingi oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) PIAT 7 Kota Batu, Julian Mahendra, S.Kep., para santri antusias mengikuti jalannya proses vaksinasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021 di MTs Negeri Kota Batu (Jl. Pronoyudo No 4 Areng-areng – Kelurahan Dadaprejo, Kec. Junrejo, Kota Batu).

 

Vaksin yang disuntikkan adalah jenis vaksin Sinovac. Vaksin jenis ini telah disetujui oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk digunakan pada anak remaja usia 12-17 tahun dengan dosis 3 ug (0,5 ml), penyuntikan intramuskular di otot detoid lengan atas yang diberikan 2 kali dengan jarak 1 bulan.

Para santri yang akan mengikuti vaksin dicek terlebih dulu oleh petugas Nakes pondok sebelum diberangkatkan ke lokasi vaksinasi yaitu dengan memastikan tidak dalam keadaan sakit ataupun tidak memiliki komorbit (penyakit penyerta), serta siap untuk menerima vaksin.

Sebanyak total 209 santri MTs, MA, dan IL telah divaksin dengan perincian sbb (data per 29 September 2021):

 
Jumlah Santri
Sudah Divaksin
Belum Divaksin
MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu
292
159
133
MA Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu
102
50
52

Kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar pondok dalam rangka pencegahan dan penanggulangan virus Covid-19. Maka dari itu, kita semua perlu berperan aktif di dalam menjaga diri serta menghambat penyebaran virus tersebut. Dimulai dari kebiasaan menjalankan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari, dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan, hingga menghindari kontak langsung dan menjaga jarak dengan sesama. Vaksinasi merupakan langkah berikutnya yang dapat dilakukan untuk berkontribusi dalam menekan laju persebaran virus ini dengan meningkatkan kekebalan imunitas tubuh sehingga kita tidak menjadi transmitter dari virus tersebut. (.tha)

Komentar via Facebook
BERITA ACAK:  KUNJUNGAN ASY-SYAIKH MAYA 'AQIIL ASY-SYAMIRIY
Tulisan Sebelumnya »
Tulisan Selanjutnya »