Sosialisasi MTS.PIA.NET bagi Admin Madrasah Cabang PIA Tengaran se-Indonesia

Pada hari Jum’at tanggal 11 Juni 2021 telah dilakukan sharing operasional pemanfaatan MTS.PIA.NET bagi seluruh cabang Pesantren Islam Al-Irsyad (PIA) Tengaran. Acara ini dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi ZOOM Conference dari pukul 08.00 s.d. 10.30 WIB dan dihadiri oleh ± 40 orang peserta termasuk Pimpinan Pondok (Mudir), Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Kabid Kepengasuhan, Staff IT, serta Operator Madrasah dari berbagai cabang PIA Tengaran se-Indonesia. Cabang yang turut hadir dalam sosialisasi ini yaitu dari PIAT 2 Majalengka, PIAT 6 Bondowoso, PIAT 7 Kota Batu, dan PIAT 8 Martapura.

Sambutan pertama dimulai dari Kepala Kesekretariatan Balitbangwas PIA Tengaran, Ustadz Zainuddin. Beliau dalam sambutannya menceritakan bahwa sebenarnya sudah ada keinginan sejak lama ingin mengadakan acara sosialisasi pengaplikasian program ini ke cabang, namun acara tersebut qadarullah baru dapat terlaksana. Rencananya aplikasi MTS.PIA.NET ini akan dipakai pada tahun ajaran 2021/2022 di seluruh cabang PIA Tengaran.

Dalam sambutannya, beliau pun berdoa semoga Allah segera mengangkat pandemi ini, sehingga di tahun ajaran baru nanti sudah bisa menghadirkan santri-santri sehingga proses pembelajaran, proses kependidikan, proses kepengasuhan bisa berjalan dengan baik.

Sambutan berikutnya oleh Ustadz Wahid Nur Hidayat (Pelaksana Koordinasi Cabang) yang menjelaskan implementasi MTS.PIA.NET yang nantinya terintegrasi dengan Bagian Rumah Tangga Umum dan Bagian Keuangan.

Adapun acara inti, dibawakan oleh Ustadz Zaenal Arifin, S.Kom. selaku Web Developer dari MTS.PIA.NET yang menjelaskan secara detail mengenai teknis pengoperasian, pendalaman materi kurikulum, serta implementasi program yaitu dengan praktik langsung pengoperasiannya melalui jaringan khusus WAN (jaringan internal PIAT cabang ke PIA Tengaran pusat di Salatiga yang sebelumnya telah dipersiapkan Network Administrator dari pusat bekerja sama dengan Staff IT cabang).

Sistem aplikasi MTS.PIA.NET yang berbasis web ini ditujukan untuk meringankan pekerjaan. Dimaksud adalah pekerjaan dari admin, guru/ustadz, kepala madrasah, staff/karyawan, santri, dan juga termasuk orang tua/wali santri. Semua informasi yang tersedia pada sistem ini dibuat dengan baik untuk internal maupun informasi eksternal.

Pada intinya sistem informasi akan memberikan kemudahan dalam hal penyampaian kepada tiga pihak sekaligus. Jadi informasi tidak lagi dua arah, namun sekarang menjadi tiga arah antara madrasah, santri, dan orang tua/wali santri. Dengan begitu diharapkan informasi apapun yang diberikan menjadi lebih jelas, cepat, dan akurat.

Di dalam sistem MTS.PIA.NET juga bertujuan untuk memberikan komunikasi yang efektif antara tiga pihak tersebut. Terdapat fitur khusus di dalamnya (yang suatu saat dapat difungsikan, inSyaa Allah) jadi bisa diberikan dalam bentuk SMS, email, atau pemberitahuan khusus. Fitur finger absensi juga tersedia. Jadi segala informasi mengenai kegiatan madrasah inSyaa Allah bisa langsung diketahui secara bersamaan tanpa hambatan. (.tha)

Komentar via Facebook
Tulisan Sebelumnya
Tulisan Selanjutnya