Lomba Membaca Kitab Gundul Antar Kelas MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu

Pada hari ini, Senin, tanggal 12 April 2021 bertepatan dengan 29 Sya’ban 1442H diselenggarakan Lomba Membaca Kitab Gundul Antar Kelas bagi para santri MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu pada pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB.

Kegiatan ini berlokasi di dalam Masjid Al Irsyad PIAT 7 Kota Batu. Dewan Juri dalam kesempatan ini terdiri dari 4 orang yaitu ustadz M. Khishom, S.Sy., M.H., ustadz Ibnu Hafid Alfarisy, S.Pd., ustadz Ridwan Ardiansah, S.Si., Lc., dan ustadz Ahmad Afandi, S.Pd..

Pada akhir sesi, Dewan Juri mengumumkan beberapa pemenangnya sebagai berikut:

Juara 1: Hasan ( 8B )
Juara 2: Ridho Taufiq ( 8C )
Juara 3: Nadhif Muhammad Rayyan ( 8C )

MaaSyaa Allah ‘alaihim… wa baarakallaahu fiihim..

 

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, dapat memotivasi para santri agar lebih bersemangat lagi dalam belajar atau menuntut ilmu. Allaahummaa aamiin.”, kata Ketua Panitia, ustadz Dedy Irawan, Lc.

“Kitab gundul” atau disebut pula Kitab Kuning dalam pendidikan Agama Islam, merujuk kepada kitab-kitab tradisional yang berisi pelajaran-pelajaran agama Islam (diraasah al-islamiyyah) yang diajarkan pada pondok-pondok Pesantren, mulai dari fiqh, aqidah, akhlaq, tata bahasa arab (ilmu nahwu dan ilmu sharf), hadits, tafsir, ilmu Al-Qur’an, hingga pada ilmu sosial dan kemasyarakatan (mu’amalah). Dikenal dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun, dan sebagainya). Oleh sebab itu, untuk bisa membaca kitab kuning diperlukan kemahiran dalam tata bahasa Arab (nahwu dan sharf). (.tha)

Komentar via Facebook
Tulisan Sebelumnya
Tulisan Selanjutnya