OTOBIOGRAFI SANTRI

Kota Batu-18 Jumadil Ula 1441 H bertepatan dengan tanggal 12 Januari 2020 Mts Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu mengadakan  Otobiografi yang dilaksanakan oleh Ustadz Izul selaku Staf Bimbingan Konseling.

Otobiografi adalah analisis kebutuhan yang menggambarkan keadaan santri dari informasi masa lalu,sekarang dan yang akan datang. Hal ini dilakukan agar para guru bisa membimbing santri lebih sistematis, mengenal santri dengan mendetail dan memberikan gambaran,pelajaran dan kisah-kisah inspiratif santri.

Otobiogarfi ini  ditujukan pada santri kelas 7 dan 8 yang insyaallah  akan dibuatkan database santri. Sehingga dengan adanya database informasi ini dapat memudahkan untuk melaksanakan kegiatan bimbingan konseling santri.

Bimbingan Konseling pada santri memang merupakan hal yang penting, ketika santri mengalami masalah biasanya curhat pada guru bimbingan konseling. Selain sebagai tempat curhat,guru bimbingan konseling juga yang menangani masalah anak-anak di pesantren. Misalnya kenakalan remaja yang ada di lingkungan, itu juga langsung ditangani oleh guru bimbingan konseling.

Oleh karena itu,dengan adanya guru bimbingan konseling ini dapat menangani masalah yang sedang dialami oleh anak dengan dihadapkan langsung, anak pasti mendapatkan arahan, masukan, serta dapat membuka jalan fikiran anak tersebut jika memang yang dilakukan anak  salah . Guru Bimbingan konseling juga berperan dalam memberikan motivasi kepada anak sehingga anak dapat memahami dan mengerti apa yang dilakukan.

Dengan demikian semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mengoptimalkan perkembangan peserta didik sesuai dengan tuntunan tujuan pendidikan.