Profil

PROFIL PESANTREN ISLAM AL-IRSYAD TENGARAN ( PIAT ) 7  KOTA BATU

  • Pendahuluan

Sejarah pendidikan di Indonesia telah menunjukkan bahwa pesantren telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Eksistensi pesantren dalam melakukan antisipasi dan solusi secara sistematis terhadap segala tantangan di masa depan tidak dapat diabaikan dan perlu mendapat perhatian.

Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam, anak-anak bangsa yang kokoh dan berkualitas serta tanggap terhadap rotasi kehidupan. Kondisi perubahan zaman yang begitu cepat dan cenderung mengarah menuju perkara yang negatif dari sisi moral, membawa konsekuensi bagi umat Islam untuk dapat melahirkan manusia robbani (berilmu, beramal dan berdakwah) yang mampu membimbing dan mengarahkan masyarakat untuk lebih mengenal Allah, Nabi-Nya, serta keindahan agama Islam yang lurus, berguna bagi dunia dan agamanya.

Dengan memohon taufik dari Allah, Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu berupaya mengemban tugas yang agung ini dengan mnyelenggarakan program-program pendidikan sebagai wujud nyata dalam upaya memberikan sumbangan yang berharga untuk Islam dan kaum muslimin. Posisi Pesantren yang secara geografis dikelilingi dengan beberapa gunung yaitu Arjuna, Panderman, Putri Tidur, juga bukit Wukir, berada di dukuh kajang, desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu yang berudara sejuk, tentunya diharapkan juga dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang optimal.   

  • Badan Hukum

Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu berdiri di bawah naungan Yayasan Permata Sunnah  yang berkedudukan / berlokasi di Jalan Mojowarno no 63 Mojorejo Junrejo Kota Batu

  • Sejarah Singkat Pesantren

Pesantren Al Irsyad Batu mulai dirintis dengan pembebasan tanah seluas  8863 m2., yang terletak di desa Mojorejo kecamatan Junrejo kota Batu. Setelah pembebasan tanah tersebut dimulailah pembangunan 3 bangunan induk yaitu Asrama, gedung sekolah dan masjid, mulai tahun 2002 dan selesai pada tahun 2004.

Tahun 2004 dibukalah pendaftaran siswa/santri baru dan mulailah pembelajaran tahun pertama yaitu 2004/2005. Departemen yang menaungi lembaga sekolah ini yaitu Dinas Pendidikan, dan sekolahnya bernama “SMP  CENDEKIA BATU”.

Selain pendidikan formal maka diselenggarakan juga pendidikan pesantren yaitu pada sore hari dan malam hari, meskipun diawal pembelajaran ini belum bisa maksimal, disebabkan yang membina yaitu guru agama dari SMP.

Pada Tahun kedua dan selanjutnya Pembelajaran materi pondok lebih intensif karena sudah ustadz khusus sebagai mudir sekaligus membina santri yang ada.

Pada tiga tahun pertama ( 2004 – 2006 ) Pembelajaran Materi Pondok dan Materi SMP

( Umum ) masih terpisah, yaitu pagi sampai siang Khusus Pelajaran SMP, dan sore/malam hari khusus Pelajaran Pondok.

Namun sejak tahun 2007 sampai sekarang Alhamdulillah  Pelajaran Pondok bisa terintegrasi dengan Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di  SMP, sehingga PAI dijabarkan dalam beberapa pelajaran yaitu Aqidah, Fiqh, Al-Qur’an Hadits, dan SKI. Pada tahun ini juga nama SMP CENDEKIA berubah menjadi SMP AL IRSYAD BATU

Untuk meningkatkan kwalitas mutu pendidikan santri di penghujung tahun 2017 kami melakukan kerjasama pendidikan dengan Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran dimana semua kurikulum pendidikan menginduk  pada PIAT.

Dengan adanya kerjasama dan kesepakatan atas dasar musyawarah Nama SMP AL IRSYAD BATU berubah menjadi PESANTREN ISLAM AL IRSYAD TENGARAN 7 KOTA BATU.

  • Identitas Pesantren
  1. Nama Pesantren : Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu
  2. Alamat : Jalan Mojowarno no 63 Mojorejo Junrejo Kota Batu
  3. Kota : Kota Batu
  4. Propinsi : Jawa Timur
  5. Telepon : (0341) 513262
  6. Web Site : www.pesantrenalirsyad7.org
  7. Email : pesantrenalirsyad7@gmail.com
  8. Peta Pesantren : www.pesantrenalirsyad7.org
  • Dewan Pengembangan dan Pengawasan Pesantren

Untuk menjalankan program-program pengembangan Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu, Yayasan Permata Sunnah Kota Batu menunjuk beberapa orang untuk menduduki struktur Dewan Pengembangan dan Pengawasan Pesantren.

  • Dewan Pengelola Pesantren

Dewan Pengelola Pesantren bertanggung jawab dalam mengontrol dan menjalankan kegiatan operasional sehari-hari di lingkup Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu . Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya Dewan Pengelola Pesantren dipimpin oleh seorang Mudir yang dibantu oleh beberapa Kepala Bidang  yaitu: Kabid Tarbiyah, Kabid Akuntansi & Keuangan, dan Kabid Rumah Tangga.