Profile Sekolah

SEKILAS SEJARAH

Ma’had Al Isyad Batu mulai dirintis dengan pembebasan tanah seluas  8863 m2., yang terletak di desa Mojorejo kecamatan Junrejo kota Batu. Setelah pembebasan tanah tersebut dimulailah pembangunan 3 bangunan induk yaitu Asrama, gedung sekolah dan masjid, mulai tahun 2002 dan selesai pada tahun 2004.

Tahun 2004 dibukalah pendaftaran siswa/santri baru dan mulailah pembelajaran tahun pertama yaitu 2004/2005. Departemen yang menaungi lembaga sekolah ini yaitu Dinas Pendidikan, dan sekolahnya bernama “SMP  CENDEKIA BATU”.

Selain pendidikan formal maka diselenggarakan juga pendidikan pesantren yaitu pada sore hari dan malam hari, meskipun diawal pembelajaran ini belum bisa maksimal, disebabkan yang membina yaitu guru agama dari SMP.

Pada Tahun kedua dan selanjutnya Pembelajaran materi pondok lebih intensif karena sudah ustadz khusus sebagai mudir sekaligus membina santri yang ada.

Pada tiga tahun pertama ( 2004 – 2006 ) Pembelajaran Materi Pondok dan Materi SMP

( Umum ) masih terpisah, yaitu pagi sampai siang Khusus Pelajaran SMP, dan sore/malam hari khusus Pelajaran Pondok.

Namun sejak tahun 2007 sampai sekarang Alhamdulillah  Pelajaran Pondok bisa terintegrasi dengan Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di  SMP, sehingga PAI dijabarkan dalam beberapa pelajaran yaitu Aqidah, Fiqh, Al-Qur’an Hadits, dan SKI. Pada tahun ini juga nama SMP CENDEKIA berubah menjadi SMP AL IRSYAD BATU

Untuk meningkatkan kwalitas mutu pendidikan santri di penghujung tahun 2017 kami melakukan kerjasama pendidikan dengan Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran dimana semua kurikulum pendidikan menginduk  pada PIAT.

Dengan adanya kerjasama dan kesepakatan atas dasar musyawarah Nama SMP AL IRSYAD BATU berubah menjadi PESANTREN ISLAM AL IRSYAD TENGARAN 7 KOTA BATU.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *